Precious moments in Life

PCI Life

Sejak balik dari Spore dan memutuskan back to college, ga sangka aja uda 2 taun kuliah di PCI.. Time flies.. 😱

Apa sih PCI? Kok ngga pernah denger ya??!! Hehehe.. Maklum ini masi baru, kita adalah angkatan pertama, angkatan taun 2014. PCI itu singkatan dari Pahoa College Indonesia yang bekerja sama dengan Hebei Normal University 河北师范大学. Kalo sekolahan Pahoa di gading serpong sih cukup terkenal yaa, karena sekolah trilingual dan ada pendidikan dizigui nya. Trus karena dirasa banyaknya kebutuhan akan guru mandarin makanya dibentuklah PCI. Awalnya sih hanya jurusan guru mandarin, tapi sekarang ada juga jurusan ekonomi, dan katanya taun ajaran baru nanti ada jurusan pariwisata, tapi belum jelas juga sih, kalo ada yang minat bisa call ke humas pahoa aja.. Hehehe.. Itu sekilas info soal collegenya. Btw, dosen-dosennya juga diimpor langsung dari Hebei loh..

Sejak kuliah di PCI ini mandarin gue improve lumayan banyak, dari yang cuma bisa bahasa percakapan, sekarang at least bisa nulis-nulis 文章. Tapi kata laoshi sih harus rajin membaca dan menulis supaya grammar nya bisa lebih baik lagi.

Terlepas dari proses akademisi, berhubung pahoa kadang ada kegiatan, dan berhubung background gue dulu jadi ass mgr promosi di Kratingdaeng, jadi gue beberapa kali ini diminta bantu-bantu di kegiatan humas nya pahoa.

kek awal taun 2016 ini Pahoa ada buka booth, gue diminta jadi SPG.. Hehe jadi inget dulu pas awal-awal di Kratingdaeng juga beberapa kali ikutan event promosi gini. Cuma dulu gue masi malu-malu ga berani nyamperin orang. Ya seiring beranjaknya umur, urat malu nya uda putuss.. Wkwkwk..

Trus bulan Maret 2016 ini Pahoa ngerayain hari jadi ke 115 sejak sejarah awalnya THHK. So gue diperbantukan di bagian penyambut pers dan MC pas pers conference.. Baru kali ini jadi MC.. gue sebenarnya demam panggung.. Dan kalo panik alergi suka kumat.. Upss.. Ini rahasia! Wkwkwk kalo uda ditulis gini mah bukan rahasia lagi ya.. 😛 Tapi gimanapun gue berhasil mengontrol diri.. Malah anehnya kalo disuruh ngomong di depan banyak orang yang gue ga kenal, gue mah cuek bebek aja.. Pede abizz.. Cuma kalo di depan temen-temen, gue malah panik, aneh kan? 😜 Yang penting waktu itu acaranya berlangsung lancarrr.. Trus juga waktu seminar Chen Meng Hong gue disuruh buat notulen.. Dengan keterbatasan gue untuk nerjemahin yaa syukur-syukur ga dikomplain, job done!

Pas bulan Mei diminta jadi model buat materi promosi, kaget juga.. Bole dibilang umur gue yang paling tuwir, model lainnya baru anak-anak 20 an.. Haha tapi gaya masi bole lah kek ABG.. 😁😂 (menghiburr diriii..) mungkin nih PCI mo ngambil market cici cici juga kali yaa.. Hasil fotonya ada di page facebook nya pahoa college indonesia.

image

Trus ini gue mau ceritain acaranya PCI ya.. Setiap taun kita selalu ada 2 acara besar yang dirayain, yaitu 春节 dan 中秋节. Chunjie itu menyambut musim semi, yang kita sebut Imlek. Itu hari raya taun baru orang China. Tradisi imlek di China bagian utara 北方, imlek mesti makan 饺子 dan waktu malam imlek 除夕, keluarga reuni makan sama-sama sambil nonton acara 春节晚会 yang ditayangin di CCTV4. Nah di PCI, taun ini kita ngadain acara-acara imlek kek nyanyi, drama, 三句半, dan tarian. Cuma ini masi banyak acara yang kebarat2an.. Hahaha.. Gue kemarin itu ikut di sanjuban dan di drama tapi yang drama itu cuma peran penggantinya Xinmei.

Kalo zhongqiujie itu menyambut musim gugur, musim panen, dan biasanya sekitar bulan 8-9 gitu dan kita tradisinya makan kue bulan. Ntar acaranya diliput di newsblog berikutnya kalo uda diadakan.. Hehe..

Penasaran mo liat waktu kita di kelas belajar? Bolee aja.. Yukk diintip 😄

Tadaaa….

image

Hahaha.. Trus mo liat kalo pas mo ujian final kek gimana cara belajar yang baik? Engg ingg engg..

image

Jangan heran kalo lebih banyak makanan nya dibanding bukunya.. Hihihihi tipss buat ga ngantuk yaitu ngemil teruss.. 😝😁

yaa demikianlah ringkasan kehidupan gue di PCI.. Semoga bisa dilanjutkan sampai selesai ya.. doain aja ya teman-teman.. Biar gue lancar jayaa.. Soalnya kasian nih gue uda kuliah bertahun-tahun pindah-pindah jurusan tapi ga tamat-tamat S1.. Saking demennya gue belajar tapi selama ini selalu banyak halangan yang bikin gue give up, semoga kali ini di PCI gue berjodoh bisa wisudaa yaaa.. Aminnnn!

Cheers

Blue Yena

Comments on: "PCI Life" (2)

  1. Sist, mao tanya kalao misalkan yang belum memiliki dasar – dasar mandarin sama sekali apakah bisa?
    untuk mandarinnya apakah diajarkan dari sangat sangat dasar sekali ?

    Terima kasih

    • Hi.. kalo belum ada dasar mandarin juga bisa. Dasarnya itu pinyin, akan diajarkan selama 6 bulan pertama. Selebihnya sudah akan mulai masuk ke huruf hanzi.

Leave a comment