Precious moments in Life

Archive for July 19, 2016

Manfaat Tepung

Untuk bikin kueeee..! Ya, itu bener banget. 100 buat kamu!

Untuk mainan kek gini? 

Haishhh.. Emangnya eike masa kecil kurang bahagia? Masa tepung dibuat mainan… Tetooottt, anda salah! 

Ternyata oh ternyata, tepung ada manfaat ajaib lainnya. Ini gue buktikan sendiri hari ini. 

Gara-gara oh gara-gara dikasi pempek uda dari sebulan lalu kaga digoreng-goreng, sore ini tiba-tiba aja kepikiran mo makan. Padahal gue and hubby tuh paling males yang namanya goreng-menggoreng.. Selain ngabisin minyak, bikin lantai lengket-lengket, makan gorengan bikin kolesterol nae..

Ya udee, karena hari ini kepengen goreng, langsung lah menuju kitchen. Minyak uda panas, pempeknya uda dimasukkin, uda dibolak-balik biar mateng dalemnya karena abis dari freezer. Yupp, uda mateng.. So gue pergi siapin piring dipakein tatakan serbet untuk serap minyaknya.. Tiba-tiba denger suara letupan minyak.. Pas uda aman, gue samperin deh mo ngangkat pempek-pempeknya..

Tangan uda ngejulur ke luar mo ambil serokan… Awwww.. Minyaknya meletup lagi sampe ke semua telapak tangan gue.. 

Reflekss.. Langsung ke lemari, keluarin tepung dan container, hubby kaget langsung nyamperin, cepet-cepet tuangin tepung.. Langsung gue remes-remes tepungnya dan rendem tangan gue didalam tepung.. Awwww perihh banget, serasa ditusuk-tusuk. 

Dulu gue pas goreng ikan juga pernah kena minyak panas tapi cuma sepercik aja. Dan emang pake tuh tepung langsung tiada bekas..

Tapi ini kan minyaknya loncat sampe ke semua telapak tangan.. So, gue kuatir juga kalo bakal melepuh, malah gawat tangan kanan, ntar ga bisa nulis gimana mo ngajar.. Duhhh.. Moga-moga ga kenapa-napa..

Kalo dari hasil searching gue di mbah google, luka bakar minyak goreng tuh parah juga, bisa berair dan jadi merah semua.. Kek gini


Tapiiii.. Setelah gue rendem sekitar 30-40 menit, pokoknya sampe rasa ditusuk-tusuknya hampir ilang, gue beranikan diri bersihin tangan, trus gue cuci bekas tepungnya.. 

Traaa lalala.. Hasilnya gini 


Emang sih sampe berita ini diturunkan, daerah jempol sana masi perih dikit, cumaaa terbuktii ajaibbb banget kan? Tanpaa bekas dan ga melepuh sama sekalii.. Thanks God! 

Abis itu gue olesin zam-buk, dan sekarang uda berkurang perihnya.

Haishhh hubby uda sampe marah-marah, soalnya letupan minyak gorengnya sampe kemana-mana, dikompor, dipanci-panci sekitar, di lantai, ditembok.. Dasyat ya.. walaupun dia ngedumel bersihinnya tapi dia masi worry, en kasi warning next time no goreng-goreng lagi.. Hahaha

Abis tangannya bae, tetep lanjutt dimakan pempeknyaaa ✌️🙃😜 yummyy..

Makasihh banyakk ya tepung! Oh ya ini tepung segitiga biru yang biasa buat bikin-bikin kue. Tapi keknya semua tepung mungkin fungsinya sama ya.. So, inget aja sediain tepung di rumah and inget tips ini ya. Gue juga kebetulan aja dulu banget pernah baca soal tips ini dari internet. Dan gue selalu inget. Ternyata berguna banget! 

Cheers

Blue Yena